Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Sedekah Di Musim Paceklik

by TEGUH T.A , at 8:32 AM , has 0 comments
Pada suatu ketika, di Mesir terjadi kelaparan. Abdul Hamid bin Sa'ad rah.a, seorang Gubernur Mesir berkata, "Akan aku katakan kepada syaitan bahwa aku adalah musuhnya (dalam keadaan seperti ini, dia mendorong orang-orang untuk membelanjakan harta mereka dengan hati-hati). Pada musim paceklik seperti ini, makanan semua orang fakir di Mesir menjadi tanggung jawabku.".

Maka orang-orang miskin berdatangan dan makan di rumahnya hingga wabah kelaparan berlalu, dan barang-barang dijual dengan harga yang wajar. Dan ketika harga barang-barang normal kembali, ia dipindahkan dari jabatannya.

Sedekah Di Musim Paceklik

Diperkirakan, pada saat kepergiannya dari Mesir, ia memiliki utang sebesar satu juta dirham. Kepada pengusaha yang telah meminjamkan uang kepadanya untuk memberi makan kepada fakir miskin selama terjadi wabah kelaparan, ia mengumpulkan perhiasan-perhiasan dari keluarganya sebagai jaminan atas utangnya kepada pengusaha, seharga lima ratus juta dirham.

Ia telah berusaha untuk menebus perhiasan-perhiasan yang digadaikan itu, tetapi uang sebanyak itu belum bisa didapatkan. Maka ia menulis surat kepada para pedagang untuk menjual perhiasan itu dan mengambil dari hasil penjualannya sebanyak hak mereka, dan selebihnya supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang miskin Mesir yang belum ia bantu. (Ithâf).

Pada saat itu, orang-orang yang mempunyai perhiasan adalah orang-orang yang rela perhiasannya dibagi-bagikan kepada fakir miskin.
TEGUH T.A
About
Sedekah Di Musim Paceklik - written by TEGUH T.A , published at 8:32 AM , categorized as sedekah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->