Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Musafir Yang Dermawan

by TEGUH T.A , at 8:48 AM , has 0 comments
Ketika seorang Quraisy sedang dalam perjalanan, ia bertemu dengan seorang fakir yang sakit, dan berbagai musibah telah menimpanya membuat dirinya tidak berdaya. Maka orang miskin itu meminta bantuan kepadanya, "Tolonglah saya.".

Musafir Yang Dermawan

Orang Quraisy itu berkata kepada hamba sahayanya, "Bawalah semua perbekalan yang ada padamu.". Hamba sahaya itu pun menuangkan semua perbekalan yang dibawanya, yang jumlahnya mencapai 4.000 dirham untuk diberikan kepada orang miskin itu.

Orang fakir itu hendak bangkit untuk membawanya, tetapi karena sangat lemah, ia tidak mampu berdiri, sehingga ia hanya menangis karena memperoleh uang sebanyak itu.

Orang Quraisy itu mengira bahwa orang miskin itu menganggap bahwa pemberian itu sedikit, sehingga ia menangis. Maka orang Quraisy itu bertanya, "Apakah engkau menangis karena pemberianku ini terlalu sedikit?" (pada saat itu, orang Quraisy tersebut sudah tidak mempunyai yang lain).

Orang miskin itu berkata, "Tidak, aku menangis bukan karena pemberianmu sedikit. Aku menangis karena betapa banyak orang yang telah mendapatkan kemurahanmu itu." (Ithaf).

Yakni, jika kedermawanannya kepada orang yang meminta-minta yang tidak ia kenal, padahal ia sedang dalam perjalanan, semua yang ia miliki ia berikan semuanya. Maka lebih dermawannya jika ia sedang di rumah.
TEGUH T.A
About
Musafir Yang Dermawan - written by TEGUH T.A , published at 8:48 AM , categorized as sedekah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->