Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Berdiri Dengan Iman dan Ihtisab Di Malam Lailatul Qadar

by TEGUH T.A , at 8:43 PM , has 0 comments
Berdiri dengan Iman dan Ihtisab di malam Lailatul Qadar

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa berdiri (untuk shalat) pada malam Lailatul Qadar dengan iman dan ihtisab (dengan keyakinan yang sempurna dan harapan yang ikhlas untuk memperoleh ganjaran), maka dosa-dosanya yang lalu akan diampuni. (Hr. Bukhari dan Muslim - at Targhib)

Berdiri di Malam Lailatul Qadar

Perkataan 'berdiri' dalam hadits di atas maksudnya adalah melaksanakan shalat, juga diperintahkan di dalamnya untuk melakukan ibadah lain seperti membaca al Quran, dzikir, dan sebagainya.

Maksud 'mengharapkan pahala' adalah tidak berdiri karena riya' atau niat yang salah, tetapi berdiri dengan ikhlas semata-mata mengharap keridhaan Allah dan dengan niat mendapat pahala dari-Nya.

Imam Khathabi rah.a. berkata bahwa iman dan ihtisab maksudnya berdiri dengan hati yang penuh gembira tanpa merasa terbebani sambil meyakini pahalanya. Dan ini merupakan hal yang jelas bahwa sebanyak mana keyakinan seseorang terhadap pahala, maka sebanyak itu pula akan merasa mudah dalam menghadapi kesusahan beribadah. Inilah alasan mengapa seseorang semakin meningkat pendekatannya kepada Allah, maka dia semakin banyak tenggelam dalam ibadah.

Sangat penting diperhatikan mengenai 'dosa-dosa' yang disebutkan dalam hadits di atas, bahwasanya yang diampuni itu adalah dosa-dosa kecil saja, karena di mana dosa-dosa besar disebutkan dalam al Quran, maka disebutkan pula kalimat 'kecuali orang yang bertaubat'. Berkenaan dengan inilah, alim ulama sepakat bahwa dosa besar tidak akan dimaafkan tanpa bertaubat. Hadits-hadits yang di dalamnya disebutkan pengampunan atas dosa, maka para 'ulama membatasinya hanya dosa-dosa kecil saja.

Ada dua alasan mengapa perkataan 'kecil' tidak disebutkan di dalam berbagai hadits yang menerangkan tentang pengampunan dosa-dosa:

Pertama, adalah sesuatu yang tidak layak bagi seorang muslim jika ia mempunyai tanggungan dosa besar. Karena seorang muslim yang sebenarnya jika melakukan dosa, maka ia tidak akan merasa tenang sehingga bertaubat dengan ikhlas kepada Allah Swt..

Kedua, apabila terdapat suatu kesempatan seperti ini, misalnya di malam Lailatul Qadar, apabila seseorang beribadah dengan mengharapkan pahala, maka seolah-olah wajib baginya untuk menyesali seluruh perbuatan-perbuatan yang buruk. Dan inilah yang sebenarnya terjadi. Oleh karena itulah, perwujudan taubat terjadi dengan sendirinya, yang hasil dari taubat itu adalah penyesalan atas dosa-dosa dan keinginan yang kuat untuk tidak mengulanginya. Oleh karena itulah, jika seseorang melakukan dosa besar, maka sangat penting baginya pada malam Lailatul Qadar atau pada kesempatan saat-saat mustajabnya do'a agar bertaubat dari perbuatan-perbuatan buruk dengan ikhlas melalui hati dan mulutnya, sehingga rahmat Allah yang sempurna akan tertuju kepadanya dan seluruh dosa kecil maupun dosa besarnya akan dimaafkan.

Apabila anda melakukan hal ini, jangan lupa menyertakan saya yang lemah ini dalam do'a anda yang tulus.
TEGUH T.A
About
Berdiri Dengan Iman dan Ihtisab Di Malam Lailatul Qadar - written by TEGUH T.A , published at 8:43 PM , categorized as puasa . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->