Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Abu Nawas Tidak Berdusta!

by TEGUH T.A , at 7:52 AM , has 0 comments
Suatu hari, sewaktu raja Harun Ar Rasyid melakukan ibadah haji. Ketika memasuki kota Kuffah, sang raja teringat kepada Abu Nawas. Beliau merasa rindu kepadanya.

Sang raja segera memerintahkan para pengawalnya untuk mencari Abu Nawas dan membawa ke hadapannya.

Raja memberikan amanah kepada para pengawal, supaya memberi pakaian berwarna hitam dan celanan panjang kepada Abu Nawas untuk ditaruh di atas kepala, jika ia telah ditemukan.

Dalam hati para pengawal, ini merupakan permintaan yang sangat aneh. Meski begitu, tetap saja mereka melaksanakan perintah itu.

Sekian lama mencari ke seluruh penjuru kota, Abu Nawas akhirnya ditemukan juga. Para pengawal raja membawanya untuk menghadap raja.

Setelah melakukan sebuah perjalanan cukup jauh, Abu Nawas dan para pengawal tiba di depan raja. Abu Nawas telah mengenakan pakaian hitam, serta celanan panjang yang dikenakan di atas kepalanya.

Tiba di depan raja, Abu Nawas langsung berkata,

"Wahai tuanku, Amirul Mukminin. Aku memohon kepada Allah SWT, semoga Dia memberi rezeki dan meluaskan anugerahNya kepada engkau,".

" Amiin, jazakalloh khoir Abu Nawas", jawab raja Harun Ar Rasyid.
Setelah peristiwa aneh itu, baginda raja segera pergi untuk melanjutkan perjalanannya, meninggalkan kuffah.

Para penduduk Kuffah sangat heran melihat sikap Abu Nawas tersebut. Mendo’akan orang yang telah menyuruhnya meletakkan celanan panjang di atas kepala.

"Hai, Abu Nawas. Seperti itukah caranya, engkau mendo’akan Amirul Mukminin?" tanya para warga yang menyaksikan peristiwa itu.

"Diam, kalian semua! Tak ada yang lebih disukai oleh Amirul Mukminin selain harta dan uang" jawab Abu Nawas tanpa beban.

Abu Nawas pun berlalu dari tempat itu.

Entah didorong rasa iri atau hendak mencari muka, ada seorang yang mengadukan ucapan Abu Nawas kepada raja yang menyebutkan bahwa raja menyukai harta dan uang.

Maka raja mengumpulkan mereka semua. Alangkah terkejut pelapor itu dengan jawaban atas ucapan Abu Nawas tersebut.


abunawas

"Sesungguhnya, ia tidak berdusta, Abu Nawas telah berkata benar,"

Orang yang melapor menjadi sangat malu oleh  kejadian ini.

Begitulah raja yang bijak, siap dikritik. Bahkan ikhlas menerima kritikan demi kemajuan akhlak dan iman.

Maksud Abu Nawas adalah mengingatkan kepada raja tentang cinta terhadap dunia. Jangan sampai cinta kita kepada dunia menyebabkan kita lalai untuk mengingat Allah Ta’ala.
TEGUH T.A
About
Abu Nawas Tidak Berdusta! - written by TEGUH T.A , published at 7:52 AM , categorized as abu nawas , cerita abu nawas , kisah abu nawas . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->