Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Abu Nawas Menghitung Kematian Tahanan

by TEGUH T.A , at 5:45 PM , has 0 comments
Kisah ini dimulai dengan diadakannya hajatan besar-besaran di negeri Seribu Satu Malam. Tersebutlah nama raja Harun Ar-Rasyid yang punya niat untuk merayakan pesta hari jadi kerajaan. Raja berniat untuk merayakan pesta bersama dengan rakyatnya. Dan, hari yang dinanti telah tiba! Rakyat telah berkumpul di depan Pendapa Kerajaan.

Beberapa saat rakyat menunggu, akhirnya sang raja mengeluarkan beberapa patah kata, sambil berdiri,

"Wahai rakyatku, dengarkanlah! Aku akan memberikan hadiah kepada fakir miskin. Di hari perayaan ini, aku juga memberi pengampunan bagi para tahanan berupa keringanan hukuman. Mereka yang telah menjalani hukuman penjara, mendapatkan remisi selama setengah dari masa hukuman yang belum ia jalani." Seru raja di hadapan rakyat.

Rakyat sangat gembira mendengar pengumuman yang langsung disampaikan oleh baginda tersebut. Suka ria, gelak tawa, dan sendau gurau sambil menyantap makanan dan minuman yang telah disiapkan untuk acara pesta tersebut.

Beberapa saat kemudian, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah yang dilaksanakan oleh para pegawai kerajaan. Hadiah diberikan kepada fakir miskin. Setelah semua fakir miskin mendapatkan bagiannya, kemudian baginda memanggil para tahanan satu per satu.

Giliran pertama jatuh kepada seorang tahanan yang bernama Sofyan. Maka, raja mengajukan pertanyaan,
 
"Siapa namamu?" tanya raja.
"Nama hamba Sofyan, paduka" jawab tahanan tersebut.
 
"Sofyan, berapa lama hukuman yang telah divonis untukmu?" tanya baginda.
"Hamba divonis selama 2 tahun penjara, paduka" jawab Sofyan.
"Berapa lama kamu sudah melewati hukuman itu?" tanya raja lagi.
"Hari ini terhitung satu tahun, baginda," jawab Sofyan.

"Ketahuilah, sisa hukuman yang harus kamu jalani mendapatkan remisi sebanyak setengah dari masa yang belum kamu lewati di penjara. Jadi, kamu hanya menjalani hukuman selama 6 bulan saja di penjara" Ucap raja secara Tegas.

Selanjutnya.. Tahanan kedua dipanggil menghadap ke depan.

"Dengan panggilan apa, aku menyebutmu?" Tanya baginda raja.
"Saya dilahirkan dengan nama Ali, paduka" Jawab tahanan kedua.

"Berapa tahun hukuman yang telah dijatuhkan kepadamu, Ali?" tanya raja.

Dengan wajah sendu, haru dan sedih, Ali pun menjawab,
"Ham.. mba, hamba divonis hukuman seumur hidup hamba, paduka" Jawab Ali penuh ratapan.

Sontak saja, raja gelagapan dan bingung untuk memberi keputusan.

Dalam kebingungan, raja segera teringat kepada Abu Nawas yang sangat cerdik. Maka, Abu Nawas pun dipanggil untuk maju ke depan.

Tidak begitu lama, Abu Nawas yang ikut hadir di acara itu segera maju ke depan untuk menghampiri baginda.

"Wahai, Abu Nawas. Aku sebagai raja kalian, harus bertindak adil terhadap keputusanku. Aku harus memberi keringanan hukuman kepada Ali. Namun, bagaimana aku tahu sisa umur Ali? Sekarang, beri aku nasehat terbaikmu. Bagaimana cara mengampuni Ali, terkait sisa masa tahanannya?" Tutur raja.

Menghadapi permasalahan ini, Abu Nawas pun ikut bingung. Abu Nawas benar-benar kehilangan akal, kali ini. Ia tidak tahu, berapa sisa umur Ali! (Mungkin pembaca ada yang tahu? Hehe..)

"Hamba minta tenggat waktu, untuk menyelesaikan masalah ini, tuanku" Ucap Abu Nawas pada akhirnya.

Raja langsung menyanggupi permintaan Abu Nawas. Raja memberi kesempatan bagi Abu Nawas untuk memikirkan masalah ini. Namun, waktu yang diberikan kepada Abu Nawas tidaklah lama, Cuma sehari semalam saja. Esok pagi, Abu Nawas harus mampu memecahkan masalah ini.

Gong pun berbunyi sebagai pertanda bahwa pesta hari ini telah usai. Diumumkan kepada rakyat bahwa besok akan ada lagi pesta hari kedua. Maka, rakyat pun bubar untuk pulang ke rumah masing-masing.


AbuNawas


Tiba di rumahnya, Abu Nawas berfikir sangat keras. Hingga larut malam, ia tidak bisa memejamkan mata. Hingga suatu saat.. Ahaa! Abu Nawas pun tersenyum, kemudian memejamkan matanya.

Pagi telah tiba. Abu Nawas segera berangkat menuju Pendapa Istana setelah menyelesaikan sholat subuh.

Rakyat telah berkumpul lagi di Pendapa istana. Abu Nawas pun maju ke depan untuk menghampiri raja dan tahanannya.

"Abu Nawas, Apakah sudah ditemukan caranya?" Tanya raja kepadanya.

"Mudah aja, tuanku. Bebaskan Ali dari hukuman pada hari ini. Esok hari, penjarakan ia. Lusa dan seterusnya demikian juga. Penjarakan lagi, dan bebaskan lagi selama sehari. Hal ini berlaku sepanjang hayat Ali" Tutur Abu Nawas.

"Luar biasa, benar sekali engkau. Abu Nawas, karena jasamu kali ini aku akan memberimua hadiah. Pengawal, bawa kemari sekantong keping emas. Berikan kepada Abu Nawas!". Perintah baginda diringi kegembiraan.

Setelah pesta bubar, Abu Nawas dan rakyat pulang ke rumah mereka. Abu Nawas pulang membawa sebagian hadiah yang ia terima, karena sebagian telah ia bagikan kepada yang berhak.
TEGUH T.A
About
Abu Nawas Menghitung Kematian Tahanan - written by TEGUH T.A , published at 5:45 PM , categorized as abu nawas , abu nawas dan raja , cerita abu nawas , kisah abu nawas . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->