Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Kikir Tidak Bisa Berkumpul Dengan Iman

by TEGUH T.A , at 9:49 PM , has 0 comments
Kikir Tidak Bisa Berkumpul Dengan Iman

"Dari Abu Sa'id r.a, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Dua kebiasaan yang tidak bisa berkumpul dalam diri seorang mukmin yaitu kikir dan akhlak yang buruk.". (H.r. Tirmidzi, Kitab Misykat).

Kikir Tidak Bisa Berkumpul Dengan Iman

Berbuat bakhil dan berakhlak buruk sama sekali bukanlah sifat seorang mukmin. Orang yang berbuat bakhil dan berakhlak buruk hendaknya meneliti imannya. Orang seperti itu dikhawatirkan akan kehilangan iman. Karena, setiap perbuatan baik akan menyebabkan orang yang melakukannya akan melakukan perbuatan baik lainnya, demikian pula perbuatan buruk juga akan menyebabkan dilakukannya perbuatan buruk lainnya.

Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Nabi saw. bersabda, "Syuhh (tingkatan tertinggi dari kekikiran) tidak bisa berkumpul dengan iman.".(Kitab Misykat).

Karena antara syuhh dan iman sangat bertolak belakang, maka keduanva tidak dapat berkumpul. Sebagaimana berkumpulnya air dan api, yang lebih kuat tentu akan mengalahkan dan membinasakan yang lebih lemah. Jika airnya lebih banyak, maka air itu akan memadamkan api, dan jika apinya lebih banyak, maka akan membakar air. Begitu juga benda-benda tersebut, keduanya saling bertentangan. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa setiap wali yang diciptakan Allah swt pasti memiiiki dua kebiasaan, yaitu kedermawanan dan akhlak yang baik (Kanzul-'Ummal).

Dalam hadits yang lain disebutkan, "Tidak ada seorang wall Allah pun yang diciptakan tanpa memiliki sifat dermawan." (Kanzul-'Ummal).

Berdasarkan hadits ini jelaslah bahwa orang yang dekat dengan Allah dan cinta kepada-Nya, maka hatinya ingin selalu membelanjakan hartanya untuk makhluk-makhluk-Nya. Karena di antara sesuatu yang harus dikerjakan sebagai bukti cinta kepada-Nya adalah membelanjakan harta yang dicintai kepada keluarga dan kerabat. Jika semua makhluk itu merupakan keluarga Allah swt, maka hati seorang wali pasti ingin membelanjakan hartanya untuk makhluk-Nya. Orang yang hubungannya kepada Allah swt sangat dekat, hatinya tentu selalu ingin membelanjakan hartanya untuk mencari ridha-Nya.

Dan jika hatinya tidak ingin membelanjakan hartanya, tentu saja ini merupakan pertanda bahwa cintanya kepada harta melebihi cintanya kepada Allah swt, dan pengakuannya bahwa ia mencintai Allah adalah pengakuan yang dusta.
TEGUH T.A
About
Kikir Tidak Bisa Berkumpul Dengan Iman - written by TEGUH T.A , published at 9:49 PM , categorized as sedekah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->