Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Mengemis itu Haram, Kecuali Bagi 3 Golongan Ini

by TEGUH T.A , at 10:22 PM , has 0 comments
Mengemis itu Haram, Kecuali Bagi 3 Golongan Ini

Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang meminta-minta untuk memperbanyak hartanya, sesungguhnya ia sedang meminta bara api neraka. Maka siapa yang menginginkannya, mintalah sedikit atau banyak. (H.r. Muslim, Misykat).

Mengemis itu Haram, Kecuali Bagi 3 Golongan Ini

Di dalam hadits yang telah dibahas sebelumnya hanya disebutkan tentang ancaman tertutupnya pertolongan ghaib dari Allah swt, karena di dalam hadits tersebut disebutkan meminta-minta untuk suatu keperluan. Sedangkan dalam hadits ini tanpa keperluan, hanya untuk memperbanyak hartanya, ia meminta-minta. Karena itu, di sini disebutkan ancaman yang lebih keras, yaitu ia sedang mengumpulkan bara api neraka. Sekarang, setiap orang bebas untuk mengumpulkan bara api sebanyak yang diinginkannya.

Umar r.a pernah berkata kepada Rasulullah saw, "Si Fulan dan si fulan telah rnemuji engkau karena engkau telah memberi mereka dua dirham.". Rasulullah saw bersabda, "Aku memberi kepada si Fulan sepuluh sampai seratus dinar, tetapi ia tidak berbuat seperti itu. Karena permintaannya itu, apa yang aku berikan kepadanya ia bawa pergi dengan diletakkan di bawah ketiaknya, padahal sebenarnya ia mengapit bara api neraka.".

Umar r.a bertanya, "Ya Rasulullah, lalu mengapa engkau memberinya?".

Rasulullah saw menjawab, "Apa yang harus aku lakukan, karena tanpa meminta-minta, ia tidak bisa tinggal diam, sedangkan Allah swt tidak suka aku berbuat kikir.". Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa Umar r.a bertanya, "Ya Rasulullah, jika engkau rnengetahui bahwa itu adalah api, mengapa engkau rnemberikannya?". Rasulullah saw menjawab, "Apa yang harus aku lakukan, sedangkan ia tidak bisa tinggal diam tanpa rneminta-minta, dan Allah swt tidak menyukai aku berbuat kikir.

Qabisah r.a berkata, "Saya menanggung satu beban, yakni saya menjamin untuk memberikan sesuatu. Maka saya datang kepada Rasulullah saw untuk meminta bantuan. Rasulullah saw bersabda, "Tunggulah, nanti jika ada  sedekah dari seseorang, aku akan membantumu".

Setelah itu Rasulullah saw bersabda, "Wahai Qabisah, meminta-minta hanya diperbolehkan bagi tiga orang:

Pertama orang yang menanggung beban jaminan diperbolehkan baginya meminta-minta sampai kadar yang diperlukan, dan setelah itu hendaknya ia berhenti dari meminta-minta, ia tidak mempunyai hak untuk meminta-minta lebih dari itu.

Kedua, orang yang ditimpa kecelakaan sehingga semua hartanya binasa (misalnya terbakar atau tertimpa bencana yang lain, yang menyebabkan semua hartanya musnah), maka ia diperbolehkan meminta-minta sekadar untuk menopang keperluan hidupnya.

Ketiga, orang yang kelaparan sehingga tiga orang dari kaumnya mengatakan bahwa ia kelaparan, maka ia diperbolehkan meminta-minta sekadar untuk menopang hidupnya.

Selain tiga orang ini, siapa saja yang meminta-minta, berarti ia memakan barang haram.".

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa meminta-minta tidak diperbolehkan bagi dua orang. Pertama bagi orang kaya, kedua bagi orang yang sehat dan kuat (yang mampu bekerja). Adapun bagi orang yang mempunyai utang yang menyusahkannya, atau kefakiran yang menghinakannya, diperbolehkan baginya meminta-minta.

Barangsiapa yang meminta-minta dengan tujuan untuk menambah kekayaannya, pada hari Kiamat wajahnya akan terluka dan ia akan memakan api neraka. Siapa menginginkannya silakan meminta banyak, dan siapa yang
menginginkannya silakan meminta sedikit.

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pada hari Kiamat, perbuatan meminta-minta akan menjadi luka di wajahnya. Siapa yang menginginkannya, biarlah wajahnya bercahaya, dan siapa yang menginginkannya, biarlah cahaya wajahnya menghilang. Sedangkan jika meminta kepada raja (yakni dari baitul-mal, dengan syarat ia berhak menerima sebagian harta dari baitul-mal), atau karena terpaksa, maka tidaklah mengapa. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa orang yang selalu meminta-minta, pada hari Kiamat tidak akan tersisa daging sedikit pun di wajahnya.

Mas'ud bin Amr r.a berkata bahwa suatu ketika, jenazah seseorang dibawa di hadapan Rasulullah saw untuk dishalati. Rasulullah saw bersabda, "Apa yang ditinggalkannya?". Orang-orang berkata, "Ia meninggalkan dua atau tiga dinar.". Rasulullah saw bersabda, "Ia meninggalkan dua atau tiga bara api neraka.". Perawi hadits berkata, "Saya bertanya kepada Abdullah bin Qasim r.a, hamba sahaya Abu Bakar r.a, mengenai orang yang meninggal dunia itu.". Ia menjawab, "Ia selalu meminta-minta untuk menambah kekayaannya.".

Beberapa kisah semacam ini disebutkan dalam kitab-kitab hadits. Di dalamnya, Rasulullah saw mengancam bahwa ia akan diselar dengan api neraka atau adzab yang sejenisnya, karena meninggalkan sedikit uang. Mengenai masalah ini para ulama menulis bahwa hal ini akan terjadi jika seseorang sebelumnya sudah mempunyai harta dan ia berbohong dan ia menampakkan dirinya sebagai orang fakir dan menggolongkan dirinya sebagai orang fakir.

Imam Ghazali rah.a berkata, "Banyak riwayat yang melarang meminta-minta, dan di dalam hadits terdapat ancaman yang keras agar tidak meminta-minta, akan tetapi sebagian hadits menyebutkan bahwa meminta-minta dibolehkan. Maka penjelasannya adalah bahwa meminta-minta pada dasarnya diharamkan, akan tetapi pada waktu terjepit atau dalam keadaan darurat, meminta-minta diperbolehkan. Sebab diharamkannya meminta-minta adalah karena adanya tiga perkara, dan ketiga perkara itu merupakan perkara yang diharamkan.

Pertama, dengan meminta-minta menunjukkan bahwa ia berkeluh-kesah seakan-akan nikmat Allah swt masih kurang. Misalnya, seandainya seorang hamba sahaya meminta-minta kepada orang lain, berarti ia menganggap bahwa pemberian dari tuannya sangat sedikit dan tidak mencukupi. Oleh karena itu, jika tidak benar-benar terpaksa, meminta-minta tidaklah halal, sebagaimana memakan bangkai itu dihalalkan dalam keadaan sangat terpaksa.

Kedua, dengan meminta-minta berarti orang yang meminta-minta telah menghinakan dirinya kepada selain Allah swt, sedangkan sifat seorang mukmin tidaklah menghinakan dirinya di hadapan siapa pun selain di hadapan Allah swt. Adapun menghinakan diri di hadapan Allah Yang Maha suci merupakan kemuliaan bagi kita, karena menghinakan diri di hadapan Sang Kekasih adalah kelezatan, dan memampakkan ketidak mampuan di hadapan tuan adalah keberuntungan.

Ketiga, seringkali orang yang dimintai merasa dirinya dalam posisi yang sulit. Kadang-kadang, orang yang memberi tidak memberi dengan suka rela, tetapi hanya karena malu atau karena sebab lainnya. Jika ia memberi karena malu atau riya', maka harta itu pun haram bagi orang yang meminta. Jika ia menolak, kadang-kadang ia akan bersedih karena ia khawatir dianggap sebagai orang yang bakhil. Dengan demikian memang terdapat kemungkinan bahwa orang yang dimintai berada dalam posisi yang sulit, yang disebabkan oleh orang yang meminta-minta, sedangkan menyakiti seseorang merupakan perbuatan yang haram.

Itulah sebabnya mengapa Rasulullah saw mengancam dengan keras terhadap orang yang meminta-minta. Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa yang meminta-minta kepada kita, kita harus memberinya (karena ia sendirilah yang bertanggung jawab terhadap perbuatannya meminta-minta itu). Barang siapa merasa kaya (yakni tidak meminta-minta atau hanya meminta kekayaan dari Allah swt) maka Allah swt akan memberikan kekayaan kepadanya. Dan barang siapa yang tidak meminta kepadaku, ia lebih aku cintai daripada orang yang meminta-minta.".

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah saw bersabda, "Hendaknya kalian merasa kaya dari manusia, dan semakin sedikit kamu meminta-minta, akan semakin baik bagimu.".
TEGUH T.A
About
Mengemis itu Haram, Kecuali Bagi 3 Golongan Ini - written by TEGUH T.A , published at 10:22 PM , categorized as Qana'ah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->