Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Jangan Mengemis, Mengadulah Pada Alloh

by TEGUH T.A , at 7:46 AM , has 0 comments

Dari Abdullah bin mas'ud r.a, Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa yang tertimpa kelaparan, lalu ia meminta-minta kepada manusia, kelaparannya tidak akan hilang. Dan barangsiapa tertimpa kelaparan, lalu mengadukannya kepada Allah swt, maka Allah swt akan memberikan kepadanya rezeki yang akan ia dapatkan dengan segera atau terlambat sedikit. (Tirmidzi)


"Barangsiapa yang meminta-minta kepada manusia, kefakirannya tidak akan hilang.", Maksudnya adalah keperluannya tidak akan terpenuhi. Jika hari ini ia meminta-minta untuk suatu keperluan dan secara lahiriyah keperluannya sudah terpenuhi, maka besok akan datang lagl suatu keperluan yang lebih penting dari keperluan sebelumnya. Dan keperluannya akan terus datang. Jika ia menengadahkan tangannya ke hadapan Allah swt, maka keperluannya ini akan terpenuhi, dan keperluan yang lain tidak akan datang. Seandainya datang, Allah swt yang akan menyelesaikannya.

Kabsyah r.a berkata bahwa Rasulullah saw menyebutkan beberapa perkara dengan bersumpah. Salah satu di antaranya adalah, "Barangsiapa yang membuka pintu meminta-minta kepada manusia, Allah swt akan membukakan pintu kefakiran kepadanya. Juga terdapat hadits yang lain bahwa Rasulullah saw bersabda dengan bersumpah seperti di atas yang diriwayatkan oleh Abdurrahman bin Auf r.a. Inilah sebabnya orang yang mengemis dari pintu ke pintu selalu dalam keadaan miskin dan sempit.

Dalam sebuah hadits yang lain disebutkan, "Barangsiapa yang mengadukan kelaparannya dan keperluannya kepada Allah swt, Allah swt akan menghilangkan kefakirannya dengan cepat, yaitu dengan kematian yang cepat atau datangnya kekayaan dengan cepat.
Cepatnya kematian mempunyai dua pengertian. Yang pertama, jika waktunya telah dekat, maka Allah swt akan mematikannya sebelum ia menanggung musibah yang berupa kelaparan. Kedua, matinya seseorang menjadi sebab ia menjadi kaya. Misal ia mendapat harta warisan yang sangat banyak dari yang mati. Atau yang mati telah berwasiat untuk memberikan hartanya kepadanya.

Jika Allah swt berkehendak untuk menolong seseorang, tidaklah sulit bagi Dia untuk menciptakan sebab-sebab pertolongan. Dialah Yang menciptakan penyebab kekayaan dan penyebab kefakiran. Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Ibnu Abbas r.huma meriwayatkan sabda Nabi saw, "Barangsiapa yang kelaparan atau ditimpa kemiskinan, sedangkan ia menyembunyikan hajat dan keperluannya dari orang lain, maka menjadi hak Allah swt untuk menjamin rezeki yang halal selama satu tahun." (Misykat).

Dalam sebuah hadits, Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang meminta kekayaan kepada Allah swt, Allah swt akan memberikan kepadanya kekayaan. Dan barangsiapa meminta kesucian dari sesuatu yang tidak baik kepada Allah, maka Allah swt akan mernberikannya. Dan tangan di atas (orang-orang memberi) itu lebih baik dari tangan yang di bawah (orang yang meminta). Tidak seorang pun yang membuka pintu meminta-minta, kecuali Allah swt akan membukakan baginya pintu kefakiran.".

Ketika Ali Karramallâhu Wajhah mendengar suara seseorang di padang Arafah yang sedang meminta-minta kepada orang-orang, ia memukulnya dengan tongkat, lalu bekata, "Pada hari seperti ini, di tempat seperti ini, kamu meminta-minta kepada selain Allah swt !".

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa barangsiapa yang membuka pintu meminta-minta, Allah swt akan membukakan baginya pintu kefakiran di dunia dan di akhirat. Dan barangsiapa membuka pintu pemberian karena Allah swt, maka Allah swt akan membukakan baginya kebaikan di dunia dan akhirat.
Dalam hadits yang lain disebutkan, "Barangslapa yang membuka pintu meminta-minta, Allah swt akan membukakan baginya pintu kefakiran. Seseorang yang yang membawa tali lalu mengumpulkan kayu bakar dan mengikatnya dan menggendongnya dan menjualnya, dan dengan hasil penjualan itu ia memenuhi keperluan hidupnya, itu lebih baik daripada meminta-minta, baik ia mendapatkan pemberlan atau tidak".

Dan dalam sebuah hadits yang lain disebutkan, "Barangsiapa yang membuka pintu pemberian dengan cara sedekah atau silaturahmi, maka Allah swt akan memperbanyak baginya (yakni hartanya akan bertambah). Dan barangsiapa yang membuka pintu meminta-minta dengan niat untuk memperbanyak hartanya, kekurangannya akan semakin bertambah, yakni keperluannya akan terus meningkat, dan penghasilannya tidak akan bertambah.".

Imran bin Husain r.a meriwayatkan sabda Nabi saw, "Barangsiapa menghadap Allah swt dengan sungguh-sungguh, Allah swt akan menanggung semua keperluannya, dan Allah akan memberikan rezeki yang tidak ia sangka-sangka. Dan barangsiapa yang hanya sibuk dengan dunia, Allah swt akan menyerahkan orang itu kepada dunia (yaknj Allah swt akan memberinya sesuai dengan jerih payahnya).".

Abu Dzar r.a berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, "Aku berwasiat kepadamu supaya bertakwa kepada Allah ketika sendirian dan ketika di tengah-tengah orang banyak. Jika kamu telah melakukan dosa, maka (untuk menebusnya) kerjakanlah kebaikan. Janganlah meminta-minta kepada seorang pun. Janganlah kamu khianati amanah seseorang. Jangan menjadi hakim di antara dua orang (karena ini pekerjaan yang sangat penting, tidak setiap orang mampu melakukannya).".

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa yang rela dengan yang sedikit, merasa cukup, serta bertawakkal kepada Allah swt, maka ia tidak akan merasa gelisah dalam mencari rezeki.
Dalam hadits yang lain disebutkan bahwa barangsiapa ingin menjadi orang yang paling kuat, hendaknya bertawakkal kepada Allah swt.

Dan barangsiapa ingin menjadi orang yang paling kaya, hendaknya ia lebih percaya kepada apa yang ada di sisi Allah swt, daripada apa yang ada di sisinya. Barang siapa ingin menjadi orang yang paling mulia, hendaknya bertakwa kepada Allah swt (Pengalaman menunjukkan bahwa takwa seseorang sangat berpengaruh kepada orang lain. Semakin bertakwa seseorang, kemuliaannya semakin bertambah dalam pandangan orang lain).
TEGUH T.A
About
Jangan Mengemis, Mengadulah Pada Alloh - written by TEGUH T.A , published at 7:46 AM , categorized as Qana'ah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->