Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Makna Hari Jum'at

by TEGUH T.A , at 9:53 AM , has 0 comments
Tiap sesuatu ada hiasannya. Hiasan dari hari 2x adalah hari jum'at. Banyak keistimewaan di hari ini. Nabi Adam a.s telah Diciptakan pada hari ini.yaitu selepas waktu 'asar. Saking mulia dan penuh barokahnya hari ini, sampai 2x, di akherat kelak hari ini tidak Dihapus oleh Alloh Ta'Ala.

Maka sudah selayaknya bagi tiap muslim, untuk memuliakan hari ini. Pergi sholat Jum'at, datang di awal waktu sebelum adzan dikumandangkan.

Karena Malaikat mencatat siapa saja yang hadir dalam majelis mulia tersebut sampai tiba saat adzan dikumandangkan di masjid yang bersangkutan. Saat adzan dikumandangkan, maka diletakkanlah pena sang Malaikat.


"Barangsiapa yang mandi Jumat seperti mandi junub kemudian berangkat (ke masjid), maka seolah-olah ia berkurban unta. Barangsiapa yang berangkat pada saat yang kedua, maka seolah-olah ia berkurban lembu. Barangsiapa yang berangkat pada saat ketiga, maka seolah-olah ia berkurban kibas yang bertanduk. Barangsiapa yang berangkat pada saat yang keempat, maka seolah-olah ia berkurban ayam. Dan, barangsiapa yang berangkat pada saat kelima, maka seolah-olah ia berkurban telur. Apabila imam keluar (naik mimbar), maka para malaikat mendengarkan khutbah." (HR Bukhari)

Keberkahan di hari jum'at sangat 2x lah banyak untuk di uraikan,di antaranya : Barangsiapa Mandi di hari jum'at, kemudian menyempurnakan wudlu, makai wangi 2x an lalu berjalan kaki untuk menghadiri sholat jum'at, maka dosa 2x nya yang lalu (terhitung mulai jum'at sebelumnya) akan di hapuskan oleh Alloh S.W.T. Do'a 2x bagi setiap mu'min di hari ini ma'bul, karena pintu2x langit terbuka sepanjang hari ini. Ini berbeda keadaannya dibanding hari yang lainnya. Karena pada hari yang lain, pintu2x langit hanya terbuka pada 1/3 malam terakhir saja.

Namun dibalik semua pahala yang besar2x itu,ada juga ancaman bagi orang yang meninggalkan sholat jum'at.

Seseorang yang sengaja meninggalkan sholat jum'at tanpa udzur maupun alasan yang dibenarkan syariat, maka mendapat sangsi dari Pemilik Jagad ini.
'Amalan 2x kebaikan yang dilakukan seorang beriman tidak akan diterima, apabila ia meninggalkan 'ibadah sholat jum'at. Agama ini telah sempurna, maka sudah menjadi satu rangkaian yang utuh dalam pelaksanaan syariatnya. Tidak bisa dipisah 2x kan,di pilih 2x ataupun di timbang 2x.

Sebagaimana bani isro'il dulu, telah memilih 2x dalam pelaksanaan terhadap Perintah Alloh, Maka mereka mendapat adzab dari Alloh 'Azza wa jalla.
Tiada kerugian sedikitpun untuk melaksanakan segala Perintah Alloh. Karena dibalik itu semua, pasti terkandung segala kebaikan, baik dunia maupun akherat.

Apabila seorang tidak menemukan Hikmah dari sebuah Perintah, bukan berarti Perintah itu yang salah, namun karena keterbatasan akal manusianya saja.
Sesuatu yang terbatas, tidak pernah mampu mengukur Yang tiada batas.
Ambillah Hikmah di balik hari ini. Hari yang penuh dengan Keberkahan dari Sang Maha Bijaksana.
TEGUH T.A
About
Makna Hari Jum'at - written by TEGUH T.A , published at 9:53 AM , categorized as tausiah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->