Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Niat Puasa Rajab Dan Fadilahnya

by TEGUH T.A , at 8:56 PM , has 0 comments
Rajab adalah salah satu bulan Asyhurul Hurum, yaitu bulan yang dimuliakan selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram. Bulan Rajab sering juga disebut yahrullah (bulan Allah), bulan yang diagungkan oleh Alloh Swt. Kaum muslimin seharusnya menyambut bulan rajab dengan memperbanyak ibadah, baik maghdhah maupun ghoiru maghdhah karena pahala akan berlipat ganda. Simak juga: Efek Positif Puasa Bagi Tubuh


rajab

Ketika kita sampai di bulan Rajab ataupun sya'ban, ada sebuah doa yang seharusnya kita panjatkan agar masih bisa berjumpa dengan Ramadhan. Doa itu berbunyi,

اَللَّهُمَّ باَرِكْ لَناَ فِيْ رَجَبَ وَشَعْباَنْ وَبَلِغْناَ رَمَضَانْ

"Ya Alloh, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami kepada Bulan Ramadhan"

Sedangkan untuk niat puasa rajab, berikut bacaannya:


نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبْ سُنَّةً لِلِه تَعَالَى

Nawaitu sauma syahri Rajab sunnatan lillahi Ta'ala

Artinya, "Saya niat puasa bulan Rajab, sunnah karena Allah ta'ala"

Beberapa hadits yang berkaitan dengan bulan Rajab

Imam Syafii meriwayatkan
tentang keutamaan awal malam bulan Rajab
وبلغنا أنه كان يقال إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الأضحى وليلة الفطر وأول ليلة من رجب وليلة النصف من شعبان


Telah sampai riwayat kepada kami bahwa dikatakan do'a dikabulkan pada lima malam; pada malam jum'at, malam hari raya Adha, malam hari raya fihtri, awal malam bulan Rajab dan malam nisfu Sya'ban.


Rasulullah saw bersabda, "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan. Bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam"

Puasa 8 hari di bulan Rajab, maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan jika puasa 10 hari, maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya. (mahfum hadits riwayat At-Thabrani)

Berikut beberapa mahfum hadits tentang fadilah (keutamaan) puasa rajab:

  • Kita sebaiknya memuliakan bulan Rajab, maka Alloh memuliakan dengan 1000 kemuliaan di hari Kiamat.
  • Puasa selama sehari di bulan Rajab, seumpama puasa selama 40 tahun dan diberi minum air dari syurga.
  • Kelebihan bulan Rajab dari seluruh bulan adalah seperti kelebihan Al-Quran di atas semua perkataan.
  • Bulan Rajab adalah Syahrullah (bulan Allah), dimaafkan dosa orang-orang yang meminta ampun dan taubat kepadaNya. Puasa di bulan Rajab, wajib bagi yang berpuasa diampuni dosa-dosanya yang lalu, dipelihara oleh Allah umurnya yang tersisa, terhindar dari haus di akhirat.
  • Siapa yang bersedekah di bulan Rajab, seperti bersedekah 1000 dinar, dituliskan kepadanya pada setiap helai bulu roma jasadnya 1000 kebaikan, diangkat 1000 derajat, dihapus 1000 kejahatan. Dan siapa yang berpuasa pada tgl 27 Rajab/ Isra Mi'raj akan mendapat pahala seperti lima tahun berpuasa.
  • Puasa di awal bulan Rajab, pertengahan dan akhirnya, seperti puasa sebulan pahalanya.
  • Bulan Rajab adalah bulan Alloh, bulan Sya'ban adalah bulan milik nabi saw, dan bulan Ramadhan adalah milik umat nabi saw.
  • Puasa selama sehari di bulan Rajab akan mendapat surga tertinggi (Firdaus). Puasa selama dua hari akan dilipat gandakan pahalanya.
  • Kemuliaan Rajab dengan malam Isra' Mi'rajnya, Sya’ban dengan malam nisfu-nya dan Ramadhan dengan Lailatul-Qadarnya.
  • Puasa selama tiga hari di bulan Rajab, akan dijadikan parit yang panjang yang menghalanginya dari neraka (panjangnya 1 tahun perjalanan).
  • Puasa selama tujuh hari di bulan Rajab, akan ditutup darinya tujuh pintu neraka.
  • Puasa selama enam belas hari di bulan Rajab, akan dapat melihat wajah Alloh di dalam surga, dan menjadi orang yang pertama menziarahi Alloh di dalam surga.

Puasa selama sehari di bulan Rajab akan memperoleh air susu yang berasal dari sungai Rajab di dalam surga, manis melebihi madu. Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih dibandingkan susu dan rasanya lebih manis dibandigkan madu. Siapa yang puasa selama sehari di bulan Rajab, maka ia akan dikaruniai minum dari sungai tersebut.".

Demikian beberapa keutamaan puasa Rajab. Penulis sekedar berbagi kepada semua umat Islam, penulis sendiri baru berniat untuk puasa di bulan Rajab. Semoga niat baik kita dimudahkan oleh Alloh swt. Aamiin.
TEGUH T.A
About
Niat Puasa Rajab Dan Fadilahnya - written by TEGUH T.A , published at 8:56 PM , categorized as puasa sunnah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->