Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Fadhilah Puasa Ramadhan

by TEGUH T.A , at 10:56 PM
Sobat "Dunia Islam" InsyaAlloh, beberapa hari lagi kita akan kedatangan bulan yang penuh berkah, bulan yang mulia. Ada hiasan pada sesuatu sehingga sesuatu bisa menjadi indah. Dan hiasan pada bulan-bulan adalah Romadlon. Salah satu ciri orang beriman adalah rindu dengan kedatangan tamu yang mulia ini.. Romadlon.

Tiada tara keutamaan bulan Romadlon ini. Bulan yang penuh Barokah, di bulan mulia ini pintu Jannah dibuka dan pintu neraka ditutup, Setan-Setan dibelenggu, di bulan ini ada Lailatul Qodar yaitu satu malam yang keutamaan beramal di dalamnya lebih baik daripada beramal seribu bulan di bulan lain, pada bulan ini setiap hari ada malaikat yang menyeru menasehati siapa yang berbuat baik agar bergembira dan yang berbuat ma'siat agar menahan diri.


"Diriwayatkan dari Sahal bin Sa'ad : Sesungguhnya Nabi saw telah bersabda : bahwa sesungguhnya bagi Jannah itu ada sebuah pintu yang disebut " Rayyaan". Pada hari kiamat dikatakan : Dimana orang yang puasa? ( untuk masuk Jannah melalui pintu itu), jika yang terakhir diantara mereka sudah memasuki pintu itu, maka ditutuplah pintu itu." (HR. Bukhary Muslim).




Lafadz niat puasa fardhu Ramadhan :

نويت صوم غد عن أداء فرض شهررمضان هذه السنة لله تعالى


Artinya : aku niat puasa esok hari menunaikan fardhu Ramadhan tahun ini karena Allah Ta'ala.




Lafaz niat puasa Qhada’ Ramadhan :


نويت صوم غد عن قضاء فرض رمضان لله تعالى


Artinya : aku niat puasa esok hari karena ganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala.


Qhada’ Puasa Ramadhan ialah menggantikan puasa yang batal pada bulan Ramadhan sehingga dibolehkan berbuka oleh syara’.

Hukum Qada’ Puasa Ramadhan

Wajib menggantikan puasa Ramadhan bagi yang membatalkan puasa Ramadhannya kerena keudzuran ataupun tanpa suatu keudzuran.



Doa Ketika Berbuka Puasa:


اللهم لك صمت وبك آمنت وعلى رزقك أفطرت برحمتك ياأرحم الراحمين


Artinya : Ya Tuhanku karena-Mu aku berpuasa dan denganmu aku beriman dan di atas rezekimu aku berbuka dengan belas kasihanmu Ya Allah yang amat mengasihani.


Fadhilah lain puasa Romadlon:

"Diriwayatkan dari Thalhah bin ' Ubaidillah ra. : bahwa sesungguhnya ada seorang bertanya kepada Nabi saw. : ia berkata : Wahai Rasulullah beritakan kepadaku puasa yang diwajibkan oleh Alloh atas diriku.  Beliau bersabda : puasa Ramadhan. Lalu orang itu bertanya lagi : Adakah puasa lain yang diwajibkan atas diriku ?. Beliau bersabda : tidak ada, kecuali bila engkau puasa Sunnah. ".

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ia berkata : Sesungguhnya Nabi saw. telah bersabda : Barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan bohong dan amalan kebohongan, maka tidak ada bagi Alloh hajat ( untuk menerima ) dalam hal ia meninggalkan makan dan minumnya. ( H.R: Jama'ah Kecuali Muslim ) Maksudnya Alloh tidak merasa perlu memberi pahala puasanya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra. ia berkata : Telah bersabda Rasulullah saw: Setiap amal anak bani Adam adalah untuknya kecuali puasa, ia adalah untukku dan aku yang memberikan pahala dengannya. Dan sesungguhnya puasa itu adalah benteng pertahanan,  pada hari ketika kamu puasa janganlah berbuat keji ,  jangan berteriak-teriak ( pertengkaran ), apabila seorang memakinya sedang ia puasa maka hendaklah ia katakan : "sesungguhnya saya sedang puasa" . Demi jiwa Muhammad yang ada di tanganNya sungguh bau busuknya mulut orang yang sedang puasa itu lebih wangi disisi Alloh pada hari kiamat daripada kasturi. Dan bagi orang yang puasa ada dua kegembiraan, apabila ia berbuka ia gembira dengan bukanya dan apabila ia berjumpa dengan Rabbnya ia gembira karena puasanya. ( H.R : Al-Bukhary dan Muslim)


Sobat mukmin semua, hendaknya di bulan romadlon kita lebih banyak bershodaqah, banyak menolong, dakwah dan banyak membaca al-qur'an.  Juga menegakkan sholat malam / sholat Tarawih dengan berjama'ah.

Ya Alloh jadikan Romadlon kali ini menjadi sebab naiknya derajat kami menjadi hamba yang taqwa. Aamiin.
TEGUH T.A
About
Fadhilah Puasa Ramadhan - written by TEGUH T.A , published at 10:56 PM , categorized as puasa

Comment disabled
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->