Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Sakitnya Sakaratul Maut

by TEGUH T.A , at 9:09 PM , has 0 comments
Sobat Dunia Islam, kali ini kita simak mengenai naza'. Setiap anggota badan memiliki hubungan dengan ruh dengan kadar yg berbeda. Ruh yang dicabut dari raga seseorang berdampak sakit terhadap setiap bagian tubuh dan rasa sakitnya sesuai kadar tersebut. Rasa sakit yg sampai ke ruh tanpa perantara sangatlah dahsyat.

Setelah ruh diseret keluar tubuh, maka setiap anggota tubuh perlahan-lahan akan menjadi dingin. Yang paling awal adalah kaki dan terakhir adalah mulut. Ketika ruh berada di tenggorokan, cahaya matapun menghilang.
Itulah sebabnya, Rosululloh saw bersabda, "Ya Alloh, ringankanlah bagiku kesakitan ketika mati dan naza' (sakaratul maut)." Sebagai ummatnya, kita seharusnya mengikuti jejak beliau saw.

DUNIA ISLAM-SAKITNYA SAKARATUL MAUT

Diriwayatkan bahwa serombongan ahli 'ibadah dari bani isroil tiba di suatuvdaerah pekuburan mereka bermusyawarah untuk berdo'a kepada Alloh SWT agar dengan izinNya dikeluarkan seorang penghuni kubur lalu mereka akan bertanya bagaimana mereka (penghuni kubur) mengalami maut.
Maka keluarlah seorang penghuni kubur yang hitam dahinya, menandakan ia dulu banyak bersujud. Ia berkata, "Apa yang akan kalian tanyakan? Aku telah mati sejak 50 tahun tapi sampai sekarang belum hilang sakitnya maut dari tubuhku."

Di dalam sebuah hadits disebutkan, Rosululloh saw bersabda, "Ya Alloh, Engkau mengeluarkan ruh dari punggung, tulang dan jari-jari. Mudahkanlah untukku kekerasan maut". Ketika Rosululloh saw berbicara mengenai kerasnya maut, beliau bersabda bahwa sakitnya seperti tebasan pedang di 300 tempat.
Dikatakan bahwa setelah nabiyulloh Musa a.s wafat, Beliau menemui Alloh SWT. Maka Alloh bertanya bagaimana nabi Musa mengalami kematian. Beliau menjawab, "Aku melihat nyawaku seperti seekor burung yang sedang digoreng hidup-hidup, tetapi tidak mati dan tidak dapat terbang ataupun lari." Riwayat lain menyebutkan seperti kambing yang dikuliti hidup-hidup.

Aisyah r.ha berkata, "Ketika Rosululloh saw hampir wafat, maka semangkuk penuh air ditaruh di sisi beliau saw. Kemudian beliau berkali-kali memasukkan tangan beliau yang mulia ke dalam mangkuk itu lalu menyapu wajah beliau yang mulia dan berdo'a, Ya Alloh, tolonglah aku dalam kesakitan naza' ini."

Nabi Ibrahim a.s pernah berkata kepada malaikat maut, Izrail a.s, "Tunjukkanlah rupamu ketika kamu sedang mencabut nyawa orang fasik!". Malaikat menjawab, "Engkau tidak akan tahan melihatnya". Nabi Ibrahim a.s berkata, "Tidak mengapa, aku akan coba". Izrail berkata, "Tolong palingkan wajahmu ke arah lain !". Nabi Ibrahim memalingkan wajahnya sebentar, lalu malaikat menyuruhnya berpaling kembali. Maka beliau melihat sosok hitam bertubuh raksasa, berbulu lebat, bau busuk tercium dari tubuhnya, berpakaian hitam, dari mulut dan lubang hidungnya keluar api yang berasap. Melihat pemandangan tersebut, Nabi Ibrahim jatuh pingsan beberapa lama. Setelah sadar beliau lihat wujud malaikat yang semula. Maka beliau berkata, "Seandainya tidak ada adzab bagi orang fasik, niscaya melihat rupamu saja sudah cukup  sebagai adzabnya".

Berbeda ketika menemui orang-orang sholih, ia akan berpenampilan sangat indah. Nabi Ibrahim a.s berkata kepada malaikat maut, "Tunjukkan wajahmu ketika mencabut nyawa hamba-hamba Alloh yang sholih". Maka terlihat sosok yang tampan dengan pakaian yang sangat indah berdiri di hadapannya dan tubuh yang berbau harum. Berkata Ibrahim a.s, "Seandainya tiada balasan bagi hamba-hamba yang sholih, melihat wajahmu saja ketika datang mencabut ruhnya, maka itu sudah mencukupi".
TEGUH T.A
About
Sakitnya Sakaratul Maut - written by TEGUH T.A , published at 9:09 PM , categorized as tausiah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->