Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Perintah Untuk Taubat Dan Realisasinya

by TEGUH T.A , at 5:02 PM , has 0 comments
Sebagai manusia yang beragama ISLAM dalam menjalani kehidupan di DUNIA ini, kadang tergelincir dalam perbuatan dosa. Hal ini wajar karena kita bukanlah seorang Nabi ataupun Rosul, yang diberi sifat maksum (terjaga dari perbuatan dosa). Sebanyak apapun dosa-dosa anak Adam a.s, asal masih ada iman di dalam hatinya meski sebiji dzarroh, dan iman tersebut diterima oleh Alloh SWT, maka suatu saat ia akan dimasukkan ke dalam surga Nya.

Taubat pertama yang harus dikerjakan oleh seorang hamba adalah taubat atas dosa syirik kepada Alloh SWT dengan memurnikan tauhid kepada Nya.
 
Tiada Yang Hak Disembah, diharapkan, diminta… kecuali Dia Yang Maha Mencipta, Maha Memelihara, Maha Pengampun dan tempat berhajat seluruh makhluq 2x Nya. Dia menunggu taubat para hambanya yang berdosa.


Alloh telah BerFirman dalam Al Qur an,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحاً عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
 
"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Rabb-mu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang beriman yang bersamanya, sedangkan cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan, ‘Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.” [At-Tahrim : 8]
 
Berjanji di dalam hati untuk tidak mengulang dosa-dosa tersebut, benar-benar menyesali, dan bertekad kuat untuk beramal sholih.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Setiap anak Adam adalah bersalah dan sebaik-baiknya orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang mau bertaubat.”

Adapun beberapa Hadis Nabi yang membahas tentang Taubat:

Dari Abu Musa r.a. sesungguhnya Rasululloh SAW bersabda “Sesungguhnya Allah Azza Jalla membentangkan tangan-Nya diwaktu malam untuk menerima taubat kepada orang yang berbuat kejelekan pada malam hari, dan membentangkan tangan-Nya di waktu siang untuk menerima taubat orang yang berbuat kejelekan di malam hari, sehingga matahari terbit dari tempat tenggelamnya. ”

Hadits Riwayat Imam Muslim dan Nasa’

Dari Abdullah bin Amr r.a. dari Nabi Muhammad SAW beliau bersabda “sesungguhnya Allah menerima taubat hamba-Nya selama dia belum mengalami sakaratul maut” Hadits Riwayat Ibnu Majah dan Turmudzi

Mengenai cara bertaubat adalah sesuai dengan dosa 2x yang telah dikerjakan. Apabila sebelumnya ia adalah seorang peminum khomr, maka hendaklah ia meninggalkannya, menyesali dan tidak akan mengulanginya lagi, demikian juga dosa yang lain.

Betapa Alloh Maha Pengampun. Namun taubat diterima sebelum sakaratul maut. Mudah-mudahan kita dijadikan hamba yang ahli bertaubat dan Dimatikan dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin.
TEGUH T.A
About
Perintah Untuk Taubat Dan Realisasinya - written by TEGUH T.A , published at 5:02 PM , categorized as Al Qur'an . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->