Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Perkataan Abu Nawas Yang Bikin Heboh

by TEGUH T.A , at 8:16 AM , has 0 comments
Abu Nawas terkenal sebagai orang bijak. Ia sering menyelipkan sindiran-sindiran atas kezaliman melalui candaannya. Ada kisah mengenai Abu Nawas tentang kehebohan orang-orang di pasar, lantaran celotehnya. “Teman-teman, hari ini saya harus mengatakan dengan jujur bahwa saya benci terhadap perkara Haq (kebenaran), dan Jujur aja saya senang dengan fitnah”, Tutur Abu Nawas kepada orang-orang di pasar.

Celoteh Abu Nawas menjadi trending topic di Twitter, Facebook dan beberapa media social lainnya. Eh, ngaco.. Zaman itu belum marak orang menggunakan fb maupun BBM, apalagi Wassap. Jelasnya, ucapan beliau sangat ramai menjadi pembahasan utama di masyarakat.


Kisah Lucu Abu Nawas

Padahal selama ini, beliau dikenal ketakwaan dan kebijaknnya, meski kadang terkesan jenaka. Ucapan Abu Nawas terdengar oleh aparat kepolisian Kerajaan, sehingga ia ditangkap dan dihadapkan kepada Khalifah.


“Abu Nawas, saya mendengar kabar bahwa engkau berkata demikian, benar begitu?” selidik Khalifah.

“Sangat Benar, Baginda,” ujarnya dengan santai.
“Mengapa engkau berkata demikian, apa sudah kafir engkau?”
“Saya rasa Khalifah pun sama dengan saya. Khalifah pasti membenci perkara yang haq,” ujarnya.
“Gila benar engkau ini,” bentak sang Khalifah mulai berang.
“Jangan buru-buru marah dulu, Khalifah. Dengarkan dulu penjelasan saya,” kata Abu Nawas kepada Khalifah.
“Penjelasan apa yang akan engkau dakwahkan. Sebagai Muslim, aku harus membela Perkara yang haq, bukan malah membencinya, tahu tak?” ujar Khalifah mulai geram.
Begini baginda, “Setiap ada yang membacakan talqin kepada mayat, saya selalu mendengar ucapan bahwasanya mati itu haq, demikian pula dengan neraka. Tidakkah khalifah juga membencinya seperti saya?”.

“Hmm, begitu rupanya, masuk akal”. ujar Khalifah setelah mendengar penjelasan Abu Nawas.

“Tapi apa maksudmu dengan mengatakan bahwa engkau suka fitnah?” tanya khalifah menyelidik.

“Begini, Khalifah. Mungkin Anda lupa bahwa di dalam Al-Quran disebutkan bahwa harta benda dan anak-anak kita adalah fitnah. Padahal Khalifah menyenangi harta dan anak-anak Khalifah seperti saya. Benar begitu, Khalifah?”

 “Perkataanmu memang benar, tetapi apa maksudmu menyatakannya di tengah pasar sehingga membuat keributan?” tanya khalifah tak juga mengerti.
“Dengan cara begini saya akan ditangkap dan dihadapkan pada Khalifah,” jawabnya tenang.
“Apa perlunya kamu menghadapku?”

“Agar memperoleh hadiah dari Khalifah,” jawab Abu Nawas tegas.
“Dasar orang pintar,” sahut khalifah. Sidang yang semua tegang untuk mengadili Abu Nawas tersebut menjadi penuh dengan gelak tawa. Tak lupa khalifah memberikan uang sebagai hadiah kepada Abu Nawas dan menyuruhnya meninggalkan istana. Abu Nawas ngeloyor pergi, sambil menyimpan dinar di sakunya. “Alhamdulillah, dapat rejeki lagi,” gumamnya.
TEGUH T.A
About
Perkataan Abu Nawas Yang Bikin Heboh - written by TEGUH T.A , published at 8:16 AM , categorized as abu nawas , kisah abu nawas , kisah hikmah , kisah sufi . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->