Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Apa Sih Puasa Yaumul Bidh?

by TEGUH T.A , at 10:10 AM , has 0 comments
Apa sih yang dimaksud dengan puasa sunnah yaumul bidh? Nah, ayyam merupakan jamak dari kata al yaum yag artinya hari. Sedangkan bidh itu sendiri maknanya adalah putih.

Ayyaamul Bidh maknanya hari-hari cemerlang (putih), bisa juga berarti purnama. Sebagai muslim, sunnah hukumnya untuk melakukan puasa selama 3 hari, mulai tanggal 13 hingga 15 di bulan Hijriyah. Menurut sebagian ulama, pada pertengahan bulan qomariyah pada umumnya bulan bercahaya terang dan bulat penuh. Hari-hari ini biasanya manusia cenderung berbuat kerusakan, menurut sebuah penelitian.


Apa Sih Puasa Yaumul Bidh?
Rasulullah saw menyadari akan labilnya emosi manusia di hari-hari tersebut. Jadi, kita dianjurkan untuk berpuasa di yaumul bidh untuk menetralisir magnitut potensi insane yang cenderung berbuat kejelekan.

Sunnah rasulullah saw ini tertuang dalam berbagai hadits dari Abu Hurairah, Abdullah bin amr bin ash, abu dzar, Ibnu Milhan Al Qoisiy, Ibnu ‘Abbas ra, dll.

Suatu ketika, Mu’adzah bertanya pada sayyidatina ‘Aisyah,


أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ قَالَتْ نَعَمْ. قُلْتُ مِنْ أَيِّهِ كَانَ يَصُومُ قَالَتْ كَانَ لاَ يُبَالِى مِنْ أَيِّهِ صَامَ. قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ


“Apakah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa tiga hari setiap bulannya?” ‘Aisyah menjawab, “Iya.” Mu’adzah lalu bertanya, “Pada hari apa beliau melakukan puasa tersebut?” ‘Aisyah menjawab, “Beliau tidak peduli pada hari apa beliau puasa (artinya sekehendak beliau).”

Tetapi, hari yang paling afdhal untuk puasa adalah pada hari ke-13, 14, dan 15 di bulan Hijriyah yang juga dikenal sebagai ayyamul biid

Tentu saja, bagi seorang istri harus dengan persetujuan suaminya yang mukmin, jika hendak melakukan puasa ini.

Mungkin itulah sedikit ulasan mengenai puasa yaumul bidh. Semoga kita berniat untuk melaksanakannya.
TEGUH T.A
About
Apa Sih Puasa Yaumul Bidh? - written by TEGUH T.A , published at 10:10 AM , categorized as puasa sunnah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->