Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Amalan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah

by TEGUH T.A , at 12:12 PM , has 0 comments
Sobat Dunia Islam, tahukah kalian tentang keutamaan 10 hari pertama di bulan Dzulhijjah? Apakah ada perbedaan dibanding dengan hari-hari lainnya? Amalan sunnah apa yang seharusnya kita lakukan? Dzulhijjah adalah termasuk bulan yang diagungkan, dimana pada sepuluh hari pertama di dalamnya Alloh Ta'ala memberikan banyak fadilah.

Dari Ibnu Abbas r.huma bahwa Nabi shallallahu'alaihi wasallam bersabda,



ﻣﺎ ﻣﻦ ﺃﻳﺎﻡ ﺍﻟﻌﻤﻞ

ﺍﻟﺼﺎﻟﺢ ﻓﻴﻬﻦ ﺃﺣﺐ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻣﻨﻪ ﻓﻲ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻳﺎﻡ
ﺍﻟﻌﺸﺮ . ﻗﺎﻟﻮﺍ ﻭﻻ ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ !! ﻗﺎﻝ : ﻭﻻ
ﺍﻟﺠﻬﺎﺩ ﻓﻲ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻠﻪ ، ﺇﻻ ﺭﺟﻞ ﺧﺮﺝ ﺑﻨﻔﺴﻪ ﻭﻣﺎﻟﻪ
ﻭﻟﻢ ﻳﺮﺟﻊ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﺑﺸﻲﺀ ( ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﺒﺨﺎﺭﻱ


Tiada 'amalan sholih yang lebih dicintai oleh Allah daripada amalan yang dilakukan pada 10 hari ini (hari-hari pertama di bulan Dzulhijjah). Maka para sahabat bertanya, "Tidak juga jihad fi sabilillah?" Beliau menjawab, "Tidak juga jihad fi sabilillah. Kecuali seseorang yang keluar dengan membawa jiwa dan hartanya namun tidak ada satupun yang kembali." (HR. Bukhari)


Dzulhijjah


Dalil ini menunjukkan tentang fadilah dari sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah. Kecuali pada malam hari pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, lebih baik daripada ini. Alasannya adalah Lailatul Qadar yang lebih baik daripada 1000 bulan. (Tafsir Ibnu Katsir).


Amalan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah


Pertama yang harus sobat lakukan adalah taubat yang ikhlas kepada Alloh SwT. Dilanjutkan dengan melakukan amalan sholih, khususnya berikut ini:

1. Puasa sunnah

Kita sebagai muslim dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah pada sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah. Nabi Muhammad saw sangat menganjurkan hal ini. Seperti disebutkan dalam sebuah hadist qudsi, Alloh berfirman, "Semua amalan Bani Adam untuk dirinya kecuali puasa. Karena amalan ini untuk-Ku, dan aku sendiri yang akan membalasnya." (HR. Bukhari)

Ini yang diperbuat oleh Nabi kita, Muhammad saw. Dari Hunaidah bin Khalid dari istrinya, dari sebagian istri-istri Nabi Muhammad saw. Ia berkata,


ﻛﺎﻥ ﺍﻟﻨﺒﻲ
ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺼﻮﻡ ﺗﺴﻊ ﺫﻱ ﺍﻟﺤﺠﺔ ﻭﻳﻮﻡ
ﻋﺎﺷﻮﺭﺍﺀ ﻭﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻦ ﻛﻞ ﺷﻬﺮ . ﺃﻭﻝ ﺍﺛﻨﻴﻦ ﻣﻦ
ﺍﻟﺸﻬﺮ ﻭﺧﻤﻴﺴﻴﻦ ” ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﻟﻨﺴﺎﺋﻲ  ﻭﺃﺑﻮ
ﺩﺍﻭﺩ ﻭﺻﺤﺤﻪ ﺍﻷﻟﺒﺎﻧﻲ ﻓﻲ ﺻﺤﻴﺢ ﺃﺑﻲ ﺩﺍﻭﺩ


"Dulu Nabi saw berpuasa pada sembilan hari pertama bulan dzulhijjah, hari 'Asyura, 3 hari tiap bulan dan hari senin pertama pada setiap bulan dan di dua kamis." (An-Nasai dan Abu Dawud) Baca: Perkara Yang Membatalkan Puasa

2. Perbanyak tahmid, tahlil dan takbir (takbiran)

Disunnahkan untuk membaca tahmid, takbir, tahlil dan tasbih dengan mengeraskan bacaannya ketika di masjid, rumah, jalan-jalan dan setiap tempat yang dibolehkan untuk berdzikir kepada Alloh. Ini juga merupakan bentuk syiar ibadah, serta pengingat kepada muslim lain agar di bulan Dzulhijjah untuk mengagungkan Alloh Ta'ala.

Ini berlaku untuk kaum laki-laki, sedangkan wanita cukup dengan nada suara yang pelan dan lirih.

Allah Ta'ala berfirman,

ﻟﻴﺸﻬﺪﻭﺍ ﻣﻨﺎﻓﻊ ﻟﻬﻢ ﻭﻳﺬﻛﺮﻭﺍ ﺍﺳﻢ
ﺍﻟﻠﻪ ﻓﻲ ﺃﻳﺎﻡ ﻣﻌﻠﻮﻣﺎﺕ ﻋﻠﻰ ﻣﺎ ﺭﺯﻗﻬﻢ ﻣﻦ ﺑﻬﻴﻤﺔ
ﺍﻷﻧﻌﺎﻡ ( ﺍﻟﺤﺞ.



"Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Dia berikan kepada mereka berupa hewan ternak." (QS. Al Hajj: 28)

Menurut Jumhur 'ulama, makna kalimat "al ayyamul ma'lumat" adalah 10 hari pertama bulan Dzuhijjah. Seperti hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu 'Umar r.huma, dari Nabi saw, beliau bersabda, "Tidak ada amalan yang lebih dicintai Alloh daripada amalan yang dilakukan pada hari-hari yang sepuluh ini, maka perbanyaklah membaca tahlil, takbir dan tahmid.' (H.r Ahmad)

Kini amalan ini seperti asing bagi kita, sangat jarang kita mendengar takbir kecuali sebagian kecil.

Ada riwayat shohih bahwa Abu Hurairah dan
Ibnu Umar r.huma pergi ke pasar ketika waktu 10 hari pertama Dzulhijah. Mereka bertakbir sehingga orang-orangpun ikut bertakbir.

3. Menunaikan haji dan umrah

'Amalan yang paling afdhal selama 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah menunaikan haji di Baitullah. Jika diberi taufiq oleh Alloh untuk menunaikan ibadah haji dan melakukan syarat dan rukun haji seperti syariat, semoga tergolong ke dalam mereka yang disebutkan oleh Rasulullah saw dalam mafhum hadits, "Haji yang mabrur tidak ada balasannya melainkan surga".

4. Berkurban

'Amalan sholih di bulan Dzulhijjah ini merupakan bentuk taqarrub (mendekat) kepada Alloh dan dengan menyembelih hewan qurban yang baik dan gemuk serta menginfakkan harta di jalan Alloh. Baca: Kurban dan Adab-adabnya!

Mari gunakan waktu agung agar tidak menyesal kelak di kemudian hari. Ummat ini diberkahi dengan adanya waktu-waktu istimewa, sehingga meskipun usianya rata-rata pendek, tetap mendapatkan pahala yang besar. Semoga kita semua diberi hidayah dan taufiq untuk berbuat baik.
TEGUH T.A
About
Amalan 10 Hari Pertama di Bulan Dzulhijjah - written by TEGUH T.A , published at 12:12 PM , categorized as bulan istimewa , haji , puasa sunnah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->