Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Pentingnya Ingat Mati

by TEGUH T.A , at 10:50 PM , has 0 comments
Dunia Islam - Ibnu Umar radiyallahu anhuma berkata, "Apabila tiba waktu shubuh maka janganlah menunggu waktu petang. Dan jika tiba waktu petang, janganlah mengharap untuk melihat waktu shubuh. Ketika kamu sehat, maka akan menghasilkan pahala bagimu ketika kamu sakit. Dan persiapkanlah bekal untuk mati selagi kamu masih hidup." (kitab Misykat)


tausiah

Abu Hurairah radiyallahu anhu berkata, "Suatu ketika, kami bersama Rasulullah saw mengikuti jenazah. Setibanya di tanah pekuburan, Rasulullah saw duduk di dekat sebuah kubur, lalu beliau bersabda, "Tidak berlalu satu hari pun di dalam kubur kecuali kubur akan mengatakan dengan fasih dan jelas, “Wahai anak Adam, mengapa kamu melupakan aku, padahal aku adalah tempat kesunyian, aku adalah rumah pengasingan, aku adalah .tempat yang penuh dengan ulat dan cacing. Aku adalah tempat yang sangat sempit kecuali bagi orang yang dikehendaki Allah swt, maka aku menjadi luas." Setelah itu Rasulullah bersabda, "Kubur merupakan sebuah taman dari taman surga atau sebuah lembah dari lembah neraka."

Sahl radiyallahu anhu berkata, "Seorang sahabat meninggal dunia. Semua orang memujinya sebagai orang yang banyak beribadah. Rasulullah mendengarkannya sambil terdiam. Ketika semua diam, maka Rasulullah saw bertanya, "Pernahkah orang itu mengingat mati?" Para sahabat menjawab, " la tidak pernah berbicara mengenai mati." Rasulullah bertanya, "Apakah ia melawan nafsunya sendiri (misalnya, ia tidak memakan sesuatu yang ia inginkan)?" Mereka menjawab, "Tidak pernah" Nabi bersabda, "Sahabatmu ini tidak akan mencapai derajat setinggi derajat kalian, jika kalian mengamalkan dua masalah tersebut (yakni banyak mengingat mati dan menahan nafsu)."

Sebuah hadits menyebutkan bahwa di majelis Rasulullah saw telah dibicarakan mengenai ibadah dan mujahadah seorang sahabat. Kemudian Rasulullah bertanya, "Berapa kali, ia mengingat mati?" Para sahabat menjawab, "Tidak pernah terdengar pembicaraan mengenai mati darinya." Sabda Nabi, "Kalau begitu, ia tidak berada di derajat sebagaimana yang kalian sangka." Barra' radiyallahu anhu berkata, "Kami bersama Rasulullah untuk menyertai upacara pemakaman jenazah. Setibanya di sana, Rasulullah duduk di dekat sebuah kubur lalu menangis agak lama, sehingga bumi dibasahi oleh air mata beliau yang penuh berkah. Rasulullah bersabda, "Saudara-saudaraku, buatlah persiapan untuk kubur." (kitab At-Targhib).

Syaqiq bin Ibrahim rahmatullah alaih berkata, “Ada 4 hal dimana manusia mengaku sama, tetapi pengakuan mereka berlawanan dengan perbuatannya”

1. Mereka berkata bahwa mereka adalah hamba Allah, tetapi perbuatan mereka seperti orang-orang yang bebas.
2. Mereka berkata bahwa menjadi tanggung jawab Allah swt untuk menyampaikan rezeki kepada mereka, tetapi hati mereka merasa tidak tenang ketika benda dunia tidak ada pada mereka.
3. Mereka berkata bahwa akhirat itu lebih baik daripada dunia, tetapi mereka tetap sibuk memikirkan dan mengumpulkan harta dunia (tanpa memikirkan akhirat) .
4. Mereka berkata bahwa mati adalah kepastian dan tidak diragukan lagi kedatangannya, tetapi amal mereka seperti orang yang yang tidak akan mati."

Abu Hamid Lafaf rahmatullah alaih berkata, "Barangsiapa banyak mengingat mati, maka ia akan mendapatkan tiga jenis kemuliaan:

1. Taufik untuk segera bertaubat.
2. Mudah untuk qana’ah (merasa puas dengan apa yang ada dalam harta.
3. Bersungguh-sungguh dan merasa senang dalam beribadah.

Dan barangsiapa yang melalaikan maut, maka ia akan ditimpa tiga musibah:

1. Lalai untuk bertaubat.
2. Tidak berpuas hati dengan penghasilannya (pendapatannya selalu dianggap tidak mencukupi walaupun bertambah banyak) .
3. Malas beribadah.

Imam Ghazali rahmatullah alaih berkata, "Segala puji bagi Dzat Yang Mahasuci, Yang telah menghancurkan leher orang-orang zhalim dan kejam dengan kematian. Dan telah mematahkan pinggang raja-raja besar dengan kematian. Dan telah membinasakan harapan raja-raja dari simpanan- simpanan mereka dengan kematian. Mereka adalah orang-orang yang membenci berbicara tentang kematian.
TEGUH T.A
About
Pentingnya Ingat Mati - written by TEGUH T.A , published at 10:50 PM , categorized as tausiah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->