Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Hati Ibarat Kolam

by TEGUH T.A , at 7:41 PM , has 0 comments
Hati ini ibarat kolam yang memiliki empat saluran. Saluran pertama adalah mata. Saluran kedua adalah mulut. Saluran ketiga adalah telinga. Dan saluran keempat adalah otak (fikiran).

Hati Ibarat Kolam

Kolam itu (hati) akan berisi air sesuai dengan air yang mengalir dari keempat saluran tadi. Jika yang mengalir melalui keempat saluran tadi adalah air susu maka kolam itu pun menjadi kolam susu. Apabila saluran-saluran ke dalam kolam tadi berupa air jernih dan bersih maka dapat dipastikan kolamnya pun akan terisi air jernih dan bersih. Sebaliknya jika yang mengalir melalui keempat saluran kolam tadi air kotor dan berbau busuk (najis) maka kolam itu pun akan terisi air yang kotor dan najis.

Maka keempat saluran yang masuk ke hati kita pun haruslah terjaga sumber dan isinya. Sebaiknya mata kita digunakan untuk memandang hal-hal yang disukal Allah Swt. seperti tilawah al Quran, bergaul dengan orang shaleh, pendek kata mata kita digunakan untuk perkara-perkara yang haq.

Fikir kita digunakan untuk memikirkan kebesaran Allah Swt., kampung akhirat dan tanggung jawab agama, telinga digunakan untuk mendengar pembicaraan yang bermanfaat untuk kehidupan akhirat dan mulut pun digunakan untuk berbicara agama, Iman dan amal shalih serta pembicaraan akhirat maka hati kita pun akan terisi dengan kebesaran Allah Swt. sebagaimana kehendak dan ucapan: laa ilaaha illallah.

Jika empat saluran menuju ke hati difungsikan untuk kemungkaran dan kemaksiatan maka kolam hati pun akan terisi hal-hal yang dimurkai Allah Swt.. Mata yang maksiat, mulut yang ghibah, berbusa dengan fitnah, hasud dan dusta kemudian fikir dipakai untuk hanya memikirkan perkara yang remeh, memikirkan makan, minum, syahwat, harta dan dunia. Telinga pun dibiasakan mendengar hal-hal yang maksiat dan mubadzir, maka hati kita akan keras dan pada gilirannya hati akan sangat sulit menerima cahaya kebaikan (hidayah). Kalau sudah seperti ini bersiaplah hati itu untuk dicuci dan dibersihkan di dalam neraka jahanam. Naudzubillah! Mudah-mudahan kita terhindar darinya.
TEGUH T.A
About
Hati Ibarat Kolam - written by TEGUH T.A , published at 7:41 PM , categorized as Tamsil . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->