Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Seekor Kambing Kurus Ditukar 4000 Kambing, Juga Dinar

by TEGUH T.A , at 8:33 AM , has 0 comments
Abul Hasan Madani rah.a. berkata, "Ketika Hasan r.a., Husain r.a., dan Abdullah bin Jafar r.a. sedang melakukan perjalanan untuk melakukan ibadah haji. Di perjalanan, unta yang membawa perbekalan mereka telah terpisah dengan mereka. Maka mereka melanjutkan perjalanan dalam keadaan lapar dan haus. Pada saat mereka melewati sebuah kemah, di dalamnya terlihat seorang wanita tua.

Mereka bertanya kepada wanita itu, "Apakah engkau mempunyai sesuatu untuk kami minum?" la menjawab, "Ya, ada." Maka turunlah mereka dari unta mereka. Wanita tua itu memiliki seekor kambing betina yang sangat kecil. Dengan menunjuk ke arah kambing itu, ia berkata, "Perahlah susunya kemudian minumlah sedikit- sedikit. Mereka pun memerah susunya, kemudian meminumnya. Kemudian mereka bertanya, "Adakah sesuatu untuk dimakan?"

Wanita tua itu berkata, "Silakan salah seorang di antara kalian menyembelihnya. Aku akan memasakkannya." Maka salah seorang di antara mereka menyembelihnya, dan wanita tua itu memasaknva. Setelah mereka makan dan minum, pada sore harinya ketika mereka mau melanjutkan perjalanan, mereka berkata, "Kami adalah orang-orang dari Bani Hasyim. Sekarang ini kami sedang melakukan safar untuk ibadah haji. Jika kami selamat sampai ke Madinah, datanglah kepada kami, kami akan membalas kemurahan hatimu". Setelah berkata demikian, pergilah mereka.

Pada sore harinya, ketika suami wanita itu datang, wanita tua kemudian menceritakan kisah orang-orang dari Bani Hasyim tersebut. Mendengar penuturan istrinya itu, suaminya sangat marah dan berkata, "Engkau telah menyembelih kambing untuk orang asing yang tidak dikenal."

Istrinya menjawab, "Mereka dari Bani Hasyim". Ringkas cerita, setelah suaminya marah-marah, ia terdiam.

Beberapa lama kemudian, ketika kedua suami istri tersebut didera kemiskinan, keduanya pergi ke Madinah untuk bekerja sebagai buruh. Sepanjang hari, mereka mengambil kotoran hewan dan mengeringkannya, lalu menjualnya untuk mempertahankan hidup.

Pada suatu hari, ketika wanita tua itu sedang memunguti kotoran binatang, Hasan r.a, tengah duduk di depan rumahnya. Ketika wanita tua tersebut lewat, Hasan r.a. melihatnya dan mengenalinya. Kemudian Hasan r.a. menyuruh hamba sahayanya untuk memanggil wanita tua itu.

Sesampainya di hadapan Hasan r.a., ia bertanya, "Wahai hamba Allah, apakah engkau mengenaliku?" Ia menjawab, "Aku tidak mengenali engkau.". Hasan r.a. berkata, "Aku adalah tamumu yang pernah meminum susu kambing dan memakan dagingnya. Wanita tua itu tetap merasa belum kenal. Tetapi sejurus kemudian ia herkata, "Demi Allah, engkaukah tamuku itu?" Hasan r.a. berkata, "Ya, akulah tamumu".

Dan setelah berbicara seperti itu, Hasan r.a. menyuruh hamba sahayanya membeli kambing sebanyak seribu ekor untuk diberikan kepada wanita tua tersebut. Di samping memberi seribu kambing, Hasan r.a. juga memberinya seribu dinar. Lalu Hasan r.a. menyuruh hamba sahayanya untuk membawa wanita tua itu menemui adiknya, Husain r.a.

Sedekahnya Husain, hasan dan abdullah bin Jafar

Husain r.a. bertanya, "Balasan apa yang diberikan oleh kakakku, Hasan?" Ia menjawab, "Seribu ekor kambing dan seribu dinar." Setelah mendengar jawaban itu, Husain r.a. juga menyerahkan pemberian yang sama sebagaimana yang diberikan oleh kakaknya. Setelah itu, ia diantar kepada Abdullah bin Ja'far r.a.

Abdullah bin Ja'far r.a pun menyelidiki apa yang telah diberikan oleh kedua cucu Rasulullah saw. tersebut, dan setelah mengetahuinya, ia memberikan kepada wanita tua itu dua ribu kambing dan dua ribu dinar, dan ia berkata, "Jika engkau datang kepadaku terlebih dahulu, aku akan memberimu lebih dari ini. Lalu wanita tua itu menyerahkan empat ribu ekor kambing dan empat ribu dinar kepada suaminya sambil berkata, "Ini adalah ganti dari kambing kita yang lemah itu." (Ihya')
TEGUH T.A
About
Seekor Kambing Kurus Ditukar 4000 Kambing, Juga Dinar - written by TEGUH T.A , published at 8:33 AM , categorized as sedekah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->