Dunia Islam Berisi Artikel Islami, Al quran, Kitab Hadits, Arti Mimpi menurut islam, dakwah dan Kisah Islami, Download Murottal Al quran 30 Juz.

Iman Seorang Penggembala Kambing

by TEGUH T.A , at 8:40 PM , has 0 comments
Nafi' r.a. berkata, "Pada suatu ketika Abdullah bin Umar r.huma. bersama pelayannya bepergian ke luar kota Madinah. Pada saat makan, mereka berhenti di suatu tempat untuk makan. Pelayan tersebut menghamparkan alas makan, kemudian mereka duduk, kemudian mereka makan.

Ketika itu, seorang penggembala kambing yang sedang menggembala lewat di tempat itu dan mengucapkan salam. Abdullah bin Umar r.huma. pun menawarinya untuk makan bersama-sama. Ia menjawab, "Aku sedang berpuasa.". Abdullah bin Umar r.huma. berkata, "Bagaimana engkau berpuasa pada siang hari yang sangat terik ini, lagi pula di tengah sahara.

Iman Seorang Penggembala Kambing

la menjawab sambil menyebutkan ayat Al-Qur'an, "Aku ingin menerima pahala dari hari-hariku yang telah lalu" :

كُلُوا وَاشْرَبُوا هَنِيئًا بِمَا أَسْلَفْتُمْ فِي الأيَّامِ الْخَالِيَةِ

"Kepada mereka dikatakan: Makan dan minumlah dengan lezat, disebabkan amal  yang telah kamu kerjakan pada hari-hari yang telah lalu.".
(Al-Haqqah: 24)

Setelah itu Abdullah bin Umar r.huma. menguji, "Kami ingin membeli seekor kambing, beritahukanlah kepada kami berapa harganya, dan terirnalah uang dari kami. Kami mau menyembelihnya, dan engkau akan kami beri dagingnya, sehingga bisa bermanfaat pada waktu berbuka puasa".

la berkata, "ini bukan kambing-kambing saya. Saya hanyalah hamba sahaya, ini kambing tuan saya". Abdullah bin Umar r.huma berkata, "tuanmu tidak akan mengetahuinya, katakan saja bahwa kambing yang tidak ada itu telah dimakan serigala".

Penggembala itu melihat ke arah langit dan berkata, "Lalu bagaimana dengan Alloh Yang Melihat kita setiap saat ?".

Abdullah bin Umar sangat senang dengan jawaban tersebut. Dan ia berkata kepada dirinya sendiri berulang kali dengan penuh kegembiraan perkataan penggembala yang sederhana itu, "Bagaimana dengan Alloh Yang menguasai kita setiap saat?".

Setelah peristiwa tersebut Abdullah bin Umar pulang ke kota dan menemui pemilik hamba sahaya beserta kambing-kambing itu untuk membeli kambing sekaligus hamba sahayanya dan memerdekakannya.

Kemudian Abdullah bin Umar memberikan kambing-kambing itu kepada hamba sahaya tersebut. (Durrul Mantsur).

Beginilah keadaan para penggembala pada waktu itu, mereka selalu berfikir bahwa Allah melihat mereka setiap saat.
TEGUH T.A
About
Iman Seorang Penggembala Kambing - written by TEGUH T.A , published at 8:40 PM , categorized as sedekah . And has 0 comments

0 comments Add a comment
Bck
Cancel Reply
loading...
Copyright ©2013 dunia islam by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
--> -->