.author-box { background: #f0f0f0; margin: 20px 0 40px 0; padding: 10px; overflow: auto; color:#888; font-family:verdana, sans-serif; } .author-box p { margin: 0; padding: 0; } .author-box a{ color:#666; } .author-box img { background: #FFFFFF; float: left; margin: 0 10px 0 0; padding: 4px; } -->

Monday, December 20, 2010

Mimpi Pohon Dan Buah

Pohon-pohonan

seluruhnya mengandung maksud orang-orang lelaki yang hal-ihwalnya sperti halnya figur (hakekat) pohon itu sendiri di dalam tabiat, kemanfaatan, keharuman baunya dan lain-lainnya. Barang siapa yang tertimpa sesuatu dari bagian-bagian pohon kayu yang berupa buahnya atau daunnya maka ta’bir mimpi itu ialah ia akan mendapatkan banyak kekayaan dan banyak rezeki dari sesorang menurut keadaan pohon itu.

Kayu

Mimpi tentang kayu yang keras maupun lainnya bermakna kemunafikan dalam agama dan boleh juga dita’birkan lelaki yang munafik. Kayu api yang kering maupun basah ta’birnya sama dengan kayu. Jika sebatang dahan kayu yang kecil mengandung ta’bir mengadu domba (fitnah) yang bersambung di antara manusia.

Tongkat

Mengandung ta’bir lelaki yang mulia, boleh diikuti dan dijadikan pegangan.

Pohon berduri

Maksud ta’birnya adalah orang lelaki yang jahat dan sulit, yang payah untuk orang yang bermimpi. Duri yang berada pada dirinya mengandung ta’bir perkara yang menyakitkan, yang terjalin dalam hati manusia yang berupa perkataan maupun perbuatan. Kadang-kadang duri juga boleh mengandung ta’bir urusan dunia berupa tindakan manusia yang dapat menyakitinya. Atau boleh juga urusan yang mengkhawatirkan yang akan menimpa dirinya.

Kebun anggur dan pohon delima

maksud ta’birnya ialah wanita. Barang siapa yang mimpi menanam pohon lalu daunnya rimbun dan panjang-panjang, maka ta’birnya adalah ia akan mendapat kemuliaan menurut hakikat pohon yang dilihat dalam mimpinya itu.

Kadang bermakna anak kecil sehingga menginjak umur dewasa. Mimpi melihat sebatang pohon bermaksud akan memperoleh uang seribu dirham.

Delima ketika musimnya mengandung makna himpunan harta, jika delima itu rasanya manis. Kadang ta’birnya suatu perjanjian yang menyangkut keuangan yang telah dimakan oleh orang yang bermimpi. Jika hanya makan sebagian, ta’birnya menunjukkan kepada menghimpun atas suatu perkara (urusan).

Delima yang masam yang dimakan oleh seseorang mengandung ta’bir suatu kesusahan, sedemikian pula buah yang masam.

Buah apel 

Dapat mengandung ta’bir pekerjaan, usaha dan cita-cita seseorang. Jika yang makan seorang raja,dapat mengandung ta’bir kerajaannya. Jika yang makan seorang pedagang, maka menunjukkan ta’bir perniagaannya. Jika yang makan seorang tukang, ta’birnya juga pertukangannya.

Barang siapa mimpi terkena (tertimpa) buah apel atau memakannya atau memilikinya maka ta’birnya ialah ia akan mendapat harta dunia dari hasil cita-citanya menurut kadar masaknya, lezatnya banyak dan sedikitnya.

Buah utrunji atau sejenis limau 

Jika banyak maka ta’birnya harta yang halal dan jika hanya sebuah sampai tiga buah maksudnya ialah anak-anak yang sholeh dan tidak masalah seandainya buahnya sudah berwarna kuning.

Buah-buahan yang berwarna kuning seperti buah jambu berbiji kecil-kecil, misymisy,laya(per), buah za’faron dan lain sebagainya ta’birnya adalah menderita sakit terkecuali buah yang masih hijau, maka bermaksud rizki yang tidak seberapa banyaknya.

Labu manis 

Yang masih hijau bermakna rizki sedangkan yang kuning ta’birnya sakit bagi yang bermimpi memakannya.
Pisang 

Ta’birnya adalah harta orang yang bermimpi apabila ia melihatnya dan juga mengandung ta’bir tentang hutang bagi orang yang punya hutang, sama saja dengan yang berwarna kuning atau yang masam (kelat) atau bukan pada musimnya. Seluruhnya ta’birnya bagus.

Buah anggur yang putih maupun merah

Mengandung maksud pertolongan atau bantuan dalam hal keuangan. Yang lebih baik jika mimpi tepat pada saat musimnya.


Jika mimpinya bukan pada musimnya, maka ta’birnya ialah sakit. Kadang jumlah biji-bijian yang dimakan dapat mendatangkan cemeti bagi dirinya sebanyak itu pula.

Kadang-kadang pada badannya terdapat bintik-bintik penyakit.

Buah anggur yang hitam mengandung ta’bir yang kurang baik, karena ketika Nabi Nuh a.s murka terhadap anaknya, maka buah anggur yang berada di tangannya berubah menjadi hitam lebam semuanya.


Barang siapa mimpi memerah anggur maka mengandung ta’bir dia berkhidmad (melayani) para raja. Sedemikian pula  memerah buah zaitun dan minyak zaitun yang wangi baunya atau sejenisnya dapat mengandung arti berkah, kebaikan, kesuburan dan harta untuk orang yang mendapatkannya. Buah zaitun yang merah dan hitam bermakna kebaikan rezeki dan kemanfaatan untuk orang yang bermimpi memperolehnya.

Buah Tin 

Ta’birnya kesusahan dan penyesalan karena Nabi Adam a.s ketika keluar dari surga duduk di bawah pohon itu.
Buah pala 

Mengandung ta’bir tentang ucapan dan pertengkaran serta rezeki yang didapatkan dengan jalan susah dan payah.

Buah kenari dan buah fustaq yang hijau dan yang kering mengandung ta’bir tentang rezeki yang terhalang dan tidak dapat diperolehnya.

Buah berangin

Mengandung ta’bir harta yang baik. Setiap pohon apapun yang ta’biatnya tidak berbuah seperti: pohon cemara, dulf, selasih dan seumpamanya dapat mengandung ta’bir lelaki yang kurang bermanfaat. Dan setiap pohon yang wangi baunya, mengandung ta’bir lelaki mulia yang baik sebutannya dalam kalangan masyarakat. Sebaliknya setiap pohon yang tidak sedap baunya ta’birnya juga menunjukkan lelaki yang tidak baik perangainya.

Biji-bijian

Adapun biji gandum yang masih basah mengandung ta’bir lebih baik daripada biji gandum yang kering.

Barang siapa mimpi memakan gandum yang basah, maka ta’birnya ialah mendapatkan kebaikan dalam agamanya dan rezekinya yang halal. Dan

Barang siapa mimpi makan gandum yang kering atau gandum yang direbus maka ta’birnya kurang bagus karena mengingat kisah Nabi Adam a.s.

Adapun gandum merah ta’birnya lebih bagus daripada gandum putih, yang basah maupun kering,yang direbus maupun digoreng. Kesemuanya itu mengandung arti yang bagus dan rezeki yang suci bagi orang yang memakannya atau memperolehnya.

Tepung

Kesemuanya mengandung ta’bir harta yang terhimpun yang dihabiskan. Tepung itu boleh jadi dari tepung gandum merah maupun gandum putih ta’birnya sama. Setiap tepung dari biji-bijian semuanya lebih baik daripada roti, karena roti sudah terkena panas api. Mimpi roti yang bersih bermaksud tentang harta yang dihabiskan dan jika mimpi makan roti mengandung ta’bir tentang kehidupan yang bersih.

Tepung beruli maknanya keturunan yang banyak atau boleh jadi memetik buah jika ia memang mempunyai buah-buahan itu.

Mimpi menguli tepung bisa bermakna tentang keturunan yang banyak. Mimpi tentang buah-buahannya, tanamannya ta’birnya ialah mendapat rejeki setelah susah payah.

Padi ta’birnya adalah harta yang dapat berhasil setelah mengalami kesulitan dan sesudah mematahkan halangan.

Simsim ta’birnya ialah harta yang meningkat terus jumlahnya dan senantiasa berkembang banyak.

Jagung dan jagung gandum maknanya harta yang buruk untuk dicari. Sedang kacang pul maknanya kesusahan yang lama dan kesulitan. Kacang arab/putih, adas, dan biji jalban maksudnya ialah harta yang tidak halal yang di dalamnya mengalami kesusahan dan kesedihan.

Tanam-tanaman bisa dita’birkan tentang urusan pokok dalam agama dan dunia, jika tanaman itu miliknya. Barang siapa mimpi bahwasanya ia berjalan dalam lokasi tanam-tanaman maka ta’birnya kesuburan agama dan duniawinya sesuai kesuburan tanaman yang dilihat dalam mimpinya. Kadang-kadang tanaman itu menunjukkan maksud orang-orang lelaki yang berhimpun pada tempat itu dalam keadaan susah. Lalu jika ia bermimpi menuainya maka ta’birnya adalah ia akan membunuh mereka.

Mimpi melihat biji dalam tanah bermaksud pekerjaan – pekerjaan yang baik. Dan jika dilihat biji itu tumbuh maka amalnya akan diterima di sisi Alloh SWT. Kadang dapat mengandung ta’bir kemasyhuran (popularitas) dan mendapatkan kejayaan dan kemuliaan. Dan boleh juga mempunyai ta’bir anak dan ahli keluarganya jika dalam mimpinya itu ia melihat batas sepadan areal lokasinya, lagi pula dikenali siapa pemiliknya.

Sayur-mayur seperti kerai (mirip mentimun tapi lebih besar lagi), mentimun, pala, besusu (bengkoang) dan lain sebagainya kesemuanya mengandung ta’bir rezeki yang tidak bernilai yang didapat dengan jalan susah payah dan Suasana kekhawatiran. Kadang susah payah dan kesedihan itu segera datangnya. Begitu pula sayur-mayur lain seperti: bawang merah, kucai, kayu manis dan macam-macam sayur-mayur lainnya kesemuanya mengandung ta’bir kesusahan, kesedihan dan kesulitan.

Tumbuh-tumbuhan yang berbau wangi dan yang biasa dicium manusia seperti: bunga mawar, bunga bawang, rempah-rempah dan lain-lainnya, maka jika terpisah dari batangnya takwilnya menunjukkan kehilangan harta. Dan jika masih ada pada batangnya maka menunjukkan ta’bir anak yang sholih sesuai macam tumbuhan yang dimimpikannya. Dan lebih bagus lagi ta’birnya jika ia memperolehnya sekali.

Mimpi melihat tumbuhan yang belum dikenal namanya serta tumbuh pada tempat yang bukan semestinya, seperti: tumbuh di dalam rumah atau masjid maka mengandung ta’bir seorang lelaki yang akan memasuki rumahnya sebab mertua, serikat kerja atau lainnya.

Jerami mengandung ta’bir harta yang segera diterima dan harta yang akan pergi.

Syeikh Muhammad bin Sirrin pernah diberi hadiah oleh seorang lelaki yaitu seekor unta yang bermuatan jerami. Ketika itu beliau memandangnya dalam waktu yang lama, lalu beliau berkata: “Barang kali unta inilah yang dihadiahkan kepadaku dalam mimpiku malam tadi”.

Mimpi kebun mengandung ta’bir tentang isterinya. Barang siapa mimpi berada di kebun dan makan buah yang ada di kebun itu maka ia akan memperoleh harta dari wanita yang kaya. Barang siapa mimpi berekreasi dalam kebun, maka bermakana baik tentang hal ihwalnya dan sukses hidupnya bersama wanita yang cantik.
Mimpi pintu kebunnya tercabut dari tempatnya mengandung maksud akan cerai dengan isterinya. Adapun mimpi melihat kebun yang belum dikenali ialah, taman surga. Karena apabila seorang bermimpi bersenang-senang dalam kebun yang belum dikenalinya, maka bermaksud ia akan masuk ke dalam surga.

Mimpi tentang pertamanan bermaksud agama Islam. Karenanya apabila mimpi berjalan-jalan atau bersantai di dalam suatu taman mengandung maksud petunjuk dari Alloh SWT dan kebaikan yang banyak dalam Islam. Dan kadang-kadang taman yang dia bersenang – senang itu pada dataran yang tinggi. WaAllohu A’lam.
Judul: Mimpi Pohon Dan Buah
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh TEGUH T.A

Sudilah Memberi masukan dg mengisi komen di bwh ini ! ...

Jazzakalloh Khoiron udah silaturahmi ke DUNIA ISLAM
Share artikel ke: Facebook Twitter Google+

3 comments:

Obat Mata Herbal on June 29, 2013 7:09 PM said...

thanks ya informasinya

Ceibada Bada on January 22, 2014 10:50 AM said...

Saya sedang mengharap ssesuatu lalu saya bermimpi melihat pokok langsat berbuah masak seseorang memanjatnya dan saya telah mengambil beberapa biji utk merasa manisnya.

Anonymous said...

Klo mimpi memanjat buat sirsak, trus memetik dan memakan buah sirsak yg besar, arti mimpinya apa?

 

dunia islam Copyright © 2009 |Privacy Policy|WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template